Keberhasilan implementasi sistem ERP di industri Kamu diawali dari pemilihan aplikasi yang pas. Sistem ERP yang sangat bagus sekalipun, bila tidak pas buat industri Kamu, hendak berdampak kegagalan implementasi. Buat memperoleh sistem ERP yang pas, simak metode para konsultan dalam memilah aplikasi yang benar.

Banyak sistem ERP yang telah populer serta telah‘ proven’ digunakan oleh ratusan apalagi ribuan industri. Tetapi keberhasilan implementasi aplikasi pada industri berbeda- beda, terdapat yang sukses baik terdapat yang kandas. Industri analis Gartner, berkata“ 75% ERP implementation kandas”. Apa sebabnya? Gimana buat kurangi resiko kegagalan?

Keberhasilan implementasi aplikasi yang lumayan lingkungan semacam sistem ERP, diawali dari keahlian mendefinisikan kebutuhan industri( requirements) dengan baik serta lengkap. Para konsultan dalam menolong industri memilah aplikasi acapkali memakai 3 jenis kebutuhan industri:

Functional Requirements

Vendor Requirements

Technical Requirements

Functional Requirements

Functional requirements merupakan catatan kebutuhan dari segi gunanya. Dengan kata lain, guna apa sajakah yang saat ini terjalin ataupun yang hendak diperlukan. Guna ini dapat dikelompokan lagi ke modul- modulnya semacam misalnya guna di accounting, inventory management, sales, serta purchase.

Contohnya di bagian accounting, salah satu functional requirementnya misalnya‘ harian ke novel besar wajib lewat proses posting’. Functional requirements dapat pula muat spesifikasi sesuatu kebutuhan, misalnya‘ Kode Chart of Accounts wajib bisa muat 34 alphanumeric character software sistem ERP ’.

Sebaliknya di bagian Inventory Management, functional requirementnya bisa berbentuk‘ Sistem wajib bisa mengelola multi posisi serta multi gudang’ ataupun‘ Tata cara evaluasi inventory wajib bisa memakai tata cara Weighted Average’.

Seluruh functional requirements ini butuh didefinisikan serta didokumentasikan dengan baik supaya jelas untuk industri sendiri serta vendor yang nanti hendak diundang. Proses pendefinisian functional requirements dalam sesuatu industri hendak memakan waktu serta tenaga. Supaya bisa berjalan dengan baik butuh ditunjuk orang ataupun regu yang hendak melakukan pembuatannya.

Keterlibatan manajemen juga berarti dalam keberhasilan pembuatan dokumen functional requirements. Sebab pembuatan ini hendak mengaitkan seluruh bagian, sosialisasi pekerjaan ini serta sokongan manajemen hendak bawa hasil yang lebih maksimal.

Vendor Requirements

Vendor requirements merupakan kriteria yang diperlukan dalam memperhitungkan vendor aplikasi yang jadi kandidat. Walaupun umumnya tidak panjang, apalagi dalam project yang lebih kecil, perihal ini dapat diabaikan, sangat tidak terdapat sebagian perihal minimum yang butuh jadi ketentuan ataupun keadaan pemilihan aplikasi.

Perihal yang utama dalam kriteria vendor misalnya berapa lama vendor telah beroperasi. Ini dalam membuktikan seberapa normal industri tersebut sehingga bisa membagikan support yang diperlukan dalam jangka panjang.

Dari pengalaman kami, terdapat sebagian industri yang mengaku kalau aplikasi yang dibeli tidak bisa disupport lagi sebab vendornya telah tidak terdapat. Perihal ini memiliki akibat kurang baik mengingat investasi yang dikeluarkan, baik dari segi dana serta sumber energi manusia, hendak percuma.

Technical Requirements

Baca Juga : Panduan Tentang Metode Membuat Gazebo pada Hunian Rumah

Technical requirements merupakan kriteria teknis yang umumnya berhubungan dengan teknologi yang digunakan. Misalnya saja, pemecahan yang ditawarkan wajib berjalan di Windows OS sebab server Kamu telah memakai Windows. Ataupun database yang digunakan tidak boleh memakai database tertentu.

Dikala ini dengan maraknya pemecahan‘ cloud’, kriteria teknis ini jadi kurang berarti dalam pemilihan aplikasi. Pemecahan cloud membagikan kemudahan untuk users sebab tidak memerlukan investasi hardware serta maintenancenya, sebab seluruh hendak dikelola serta dipelihara oleh vendor. Buat mengenali apakah pemecahan cloud pas buat industri kamu serta metode buat mengoptimalkan pemecahan cloud hendak dibahas di postingan mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *