Salah satu aspek yang menarik dari menjadi seorang desainer web adalah banyaknya klien yang datang kepada saya dengan berpikir bahwa mendapatkan halaman pertama Google adalah grail suci untuk kesuksesan bisnis mereka. Setelah semua setelah situs Anda mendarat di halaman pertama Google (atau mesin pencari lainnya) untuk kata kunci yang Anda inginkan, uang membanjiri dan Anda hidup bahagia selamanya kan? Apakah saya tidak berharap!

Saya tidak menyalahkan orang karena memikirkan hal ini namun karena saya memikirkan hal yang sama sampai situs perusahaan saya mencapai # 1 di Google dan hal-hal, yah … pada dasarnya tetap sama. Jangan salah tentang itu visibilitas yang tepat di mesin pencari sangat penting untuk kesuksesan situs manapun, tetapi peringkat SEO yang tinggi hanya membuat Anda berjalan di depan pintu.

Bagaimana kinerja situs web Anda setelah lalu lintas akhirnya sampai ke situs web Anda akan menentukan apakah Anda mendapatkan panggilan telepon sesekali atau bisnis yang lebih konsisten atau tidak. Sebuah situs web yang baik memiliki kemampuan untuk mengubah pengunjung menjadi penjualan yang harus menjadi titik fokus dari strategi web Anda bersama dengan hanya “mendapatkan hit”.

Ini disebut “tingkat konversi” atau rasio orang yang membeli produk / layanan Anda berdasarkan jumlah kunjungan yang didapat situs Anda. Sebelum Anda menghabiskan lebih banyak waktu dan uang untuk membawa lalu lintas ke situs Anda, pastikan situs tersebut mendapatkan nilai penuh untuk kemampuan konversinya terlebih dahulu.

Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, berikut adalah 10 tip dasar untuk Anda mulai …

Buat Ajakan Bertindak yang Jelas (Atau Beberapa): Banyak situs web bisnis hanya akan mencantumkan nomor telepon, alamat, dan tautan email mereka dengan asumsi orang akan mengambil tindakan jika tertarik. Jangan pernah menganggap ini karena penting untuk mencoba dan menginspirasi tanggapan yang lebih cepat dari pelanggan Anda. Jika Anda ingin pengguna “menelepon Anda untuk konsultasi gratis” atau “klik di sini untuk penawaran harga” pastikan Anda memberi tahu mereka di tempat yang terlihat jelas di halaman Anda. Tidak ada yang salah dengan ajakan bertindak Anda di beberapa halaman selama tidak mengganggu konten situs web Anda. Ingatlah mengubah klik menjadi penjualan berarti membawa pengunjung melewati halaman rumah Anda dan ke halaman pembelian utama Anda untuk hasil yang maksimal jasa pembuatan website berkualitas .

Faktor Pengembalian: Sangat menyenangkan memiliki pelanggan yang mengunjungi situs web Anda sekali, tetapi pengguna jarang membeli apa pun pada kunjungan pertama mereka sendirian. Penting untuk membuat alasan bagi pelanggan untuk kembali berkali-kali sampai mereka mempercayai merek Anda dan ingin menanyakan tentang layanan Anda lebih lanjut. Hanya untuk memperjelas, tidak ada cara yang tepat untuk membuat faktor pengembalian yang kuat untuk situs web Anda dan bisa dalam berbagai bentuk. Ini bisa berupa kalender berita atau acara yang menarik, blog atau umpan twitter yang disematkan, galeri atau portofolio yang diperbarui secara berkala, halaman kupon bulanan, dll. Cobalah untuk mempertimbangkan apa yang membuat Anda mengunjungi kembali situs web favorit Anda berulang kali dan mencoba untuk memasukkan satu (atau lebih) fitur tersebut ke situs Anda sendiri.

Stand Out In The Crowd: Satu hal yang selalu saya perhatikan tentang situs web di hampir semua industri adalah seberapa banyak “mereka semua terlihat sama”. Setiap situs web mencoba melakukan apa yang dilakukan pesaing mereka dan tidak banyak keunikan mereka dari bisnis ke bisnis. Memperhatikan apa yang dilakukan pesaing Anda dengan baik adalah penting dan Anda tidak ingin mencoba dan menemukan kembali roda hanya untuk menjadi berbeda. Namun, cobalah untuk memasukkan sesuatu di situs web Anda yang cukup berbeda untuk membuat orang mengingatnya di antara banyak lainnya yang mungkin mereka lihat saat menelusuri bisnis yang serupa dengan Anda. Apa pun itu tidak harus menjadi fokus keseluruhan halaman Anda, tetapi hanya sesuatu yang menonjol di benak mereka setelah mereka meninggalkan situs Anda. Misalnya, jika Anda melihat seseorang dengan sweter merah berjalan di tengah kerumunan orang yang semuanya mengenakan pakaian putih, orang mana yang akan Anda perhatikan pertama kali? Ini mungkin memerlukan sedikit pemikiran dan kreativitas, tetapi upaya tersebut akan terbayar dalam respons yang Anda dapatkan dari pengguna.

Unique Selling Point: Nilai jual unik Anda adalah apa yang bisnis Anda tawarkan yang tidak ditawarkan oleh pesaing Anda dan alasan mereka ingin datang kepada Anda terlebih dahulu saat membeli jenis produk atau layanan Anda. Anda ingin meyakinkan pelanggan bahwa Anda bukan hanya satu opsi yang mereka miliki tetapi opsi TERBAIK yang mereka miliki dalam hal industri Anda. Harga selalu menjadi salah satu alasan, tetapi ingat orang tidak hanya ingin murah, mereka ingin nilai uang mereka. Anda dapat membeli televisi proyektor belakang 50 inci dengan harga sekitar $ 100 tetapi kebanyakan orang masih akan membeli TV layar datar yang lebih mahal meskipun ukurannya hanya setengahnya. Pikirkan baik-baik apa yang Anda berikan kepada pelanggan Anda (di luar harga) yang memberi nilai dan kualitas pada apa pun yang Anda jual. Jika Anda menemukan jawaban yang bagus untuk teka-teki ini, Anda baru saja mengambil langkah besar dalam meningkatkan penjualan Anda.

Lacak Hasil Anda: Pernahkah Anda mendengar ungkapan bekerja lebih cerdas bukan lebih keras? Ini adalah salah satu ucapan favorit saya karena sering kali menjadi ciri kebanyakan pebisnis yang sukses. Tidak ada gunanya menghabiskan lebih banyak uang untuk iklan atau materi promosi lainnya tanpa memiliki cara yang tepat untuk melacak hasil Anda terlebih dahulu. Sebagian besar pemilik situs web memeriksa berapa banyak

hits situs web mereka dan di situlah penelitian mereka dimulai dan diakhiri. Anda perlu tahu banyak seperti halaman apa di situs web Anda yang paling populer, kata kunci apa yang digunakan orang untuk menemukan situs Anda, berapa lama orang tinggal atau situs Anda, di browser apa mereka melihat Anda, apakah mereka melihat Anda melalui ponsel atau tablet, dll. Jika saat ini Anda tidak memiliki paket hosting yang memberi Anda banyak informasi ini, segera lakukan peralihan. Google Analytics juga merupakan opsi yang mudah dipasang dan akan memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang apa yang terjadi di situs Anda.

Baca Juga : Tata cara Pemilihan Sistem ERP Yang Pas Buat Perusahaan

Jangan Takut akan Perubahan: Setelah situs web Anda aktif dan berjalan, Anda mungkin menemukan beberapa ide Anda bekerja dengan baik sementara yang lain (yang masuk akal pada saat itu) tidak mendapatkan tanggapan yang baik dari pengguna Anda. Tidak ada salahnya melakukan perubahan pada website Anda, bahkan berkali-kali lipat, hingga Anda mendapatkan hasil yang diinginkan. Ini bisa berarti mengubah beberapa fitur desain, kategori tertentu, atau keseluruhan struktur navigasi, dll. Membuat penyesuaian pada situs Anda sesuai kebutuhan tidak mengakui kekalahan, itu hanya bereaksi secara cerdas terhadap kebutuhan pelanggan Anda. Tidak ada yang membuat situs web yang sempurna pada upaya pertama mereka, mungkin perlu beberapa kali percobaan sebelum Anda melakukannya dengan benar.

Bangun Kepercayaan & Kredibilitas: Sampai pelanggan yakin bahwa Anda memiliki reputasi, bahkan jika mereka tertarik dengan produk atau layanan Anda, mereka mungkin ragu-ragu untuk menghubungi Anda. Itulah mengapa situs web Anda harus menampilkan citra yang kuat sejak awal yang meyakinkan pelanggan bahwa mereka dapat mempercayai Anda dan akan menerima kualitas dari perusahaan Anda. Hal-hal sederhana seperti menambahkan bagian FAQ (pertanyaan yang sering diajukan), halaman testimonial, kebijakan pengembalian atau daftar klien yang pernah Anda tangani semuanya akan membangun kredibilitas di mata konsumen. Jika orang sangat yakin orang lain menggunakan produk atau layanan Anda dan merasa puas, mereka juga akan bergabung lebih cepat. Bisnis sering beroperasi banyak pada referensi jadi jika seseorang belum pernah melihat situs web Anda sebelumnya, itu harus menunjukkan dengan jelas mengapa Anda akan merujuk diri Anda sendiri.

Jaga Kesederhanaan: Situs web akan sering mencoba melakukan terlalu banyak atau menambahkan hal-hal yang tidak perlu hanya untuk tujuan menampilkan audiens mereka. Tidak ada yang salah dengan mencoba sedikit mengesankan, tetapi Anda harus mencoba untuk menghindari konten di situs web Anda yang tidak memberikan tujuan yang jelas bagi pengguna Anda. Ingat pelanggan tidak berada di sana untuk melihat betapa mewahnya situs web Anda, mereka ingin mendapatkan informasi yang mereka butuhkan secepat dan semudah mungkin. Selalu tanyakan pada diri Anda sendiri dengan setiap aspek dari situs web Anda (halaman, kategori, gambar <i> dll. <I />) apakah mereka memiliki tujuan yang bermanfaat yang membuat pengunjung Anda lebih peduli dengan bisnis Anda. Juga pastikan bagian terpenting dari situs web Anda adalah yang paling terlihat dan termudah untuk diakses di beranda Anda melalui tautan cepat atau metode lain.

Bicaralah dengan Audiens Anda: Menulis salinan atau teks adalah salah satu aspek desain web yang paling penting namun paling diabaikan. Masalahnya sering menjadi lebih buruk ketika klien yang bukan penggemar berat menulis bersikeras melakukan semua bagian tertulis dari situs web mereka sendiri. Ingat teks situs web Anda adalah satu-satunya cara Anda benar-benar berbicara dengan pelanggan Anda dan akan meninggalkan kesan abadi terbesar pada mereka (baik positif atau negatif). Kunci untuk menulis salinan yang baik adalah berpura-pura Anda menulisnya untuk diri Anda sendiri dan bukan pelanggan umum yang tidak terlihat yang Anda coba buat terkesan. Tanyakan pada diri Anda ketika membaca situs web Anda, apakah informasi yang diberikan memberi Anda cukup alasan untuk ingin menggunakan produk atau layanan Anda sendiri? Jika kata-kata di situs Anda tidak memiliki cukup detail, informasi yang relevan, atau alasan kuat lainnya untuk menarik minat Anda secara pribadi, pelanggan Anda kemungkinan besar juga tidak akan peduli. Sangat menggoda untuk malas pada aspek tertulis dari situs Anda, tetapi biasanya bagian itu yang paling membutuhkan perhatian.

Perbarui Situs Web Anda: Orang cenderung mengabaikan hal-hal paling sederhana saat meningkatkan situs web mereka dan memperbarui situs Anda adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan audiens Anda memiliki alasan untuk kembali. Pembaruan dapat termasuk dalam paragraf “Faktor Pengembalian” yang tercantum di atas, tetapi memperbarui situs web Anda juga memiliki tujuan lain. Mesin pencari tidak menyukai situs web yang tetap stagnan karena mereka selalu mencari konten terbaru dan terkini tentang topik tertentu. Pelanggan juga tidak suka mengunjungi situs web yang tetap sama terlalu lama karena mereka sering kali tidak dapat mengetahui seberapa mutakhir kontennya. Situs web yang tetap sama selama berminggu-minggu (apalagi berbulan-bulan) seringkali menjadi tanda bahaya bagi pelanggan bahwa pemiliknya “tidak begitu tertarik” dengan bisnis mereka. Mungkin bukan pesan yang bagus untuk dikirim saat mencoba menarik konsumen baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *